Selasa, 29 Maret 2011

SILABUS MATAKULIAH PENDIDIKAN PANCASILA

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM YAPPTI BALAI SELASA
SILABUS MATA KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA
DOSEN: Junaidi Spd
HP: 085274257419
E Mail: adenjun@gmail.com
LOKAL 2D
1. Landasan Pendidikan Pancasila, tujuan pendidikan Pancasila.
2. Pancasila dalam Konteks Sejarah perjuangan Bangsa Indonesia: Zaman kerajaan-kerajaan, zaman Penjajahan.
3. Pancasila dalam Konteks Sejarah perjuangan Bangsa Indonesia: Zaman kebangkitan nasional, zaman penjajahan Jepang, Sidang BPUPKI I, II, Proklamasi, dan sesudahnya.
4. Pancasila Senagai Sistem Filsafat: Pengertian filsafat, Rumusan kesatuan sila-sila Pancasila.
5. Pancasila Senagai Sistem Filsafat: Kesatuan sila-sila Pancasila Sebagai suatu system Filsafat.
6. Pancasila sebagai etika politik: Pengertian nilai, norma, moral dan hubungan nilai, norma dan moral
7. Pancasila sebagai Etika politik: Etika politik, pengertian politik, Dimensi politik manusia. Nilai-nilai Pancasila sebagai sumber Etika politik.
8. Pancasila sebagai ideology nasional: Pengertian asal mula Pancasila, Kedudukan dan fungsi Pancasila.
9. Pancasila sebagai Ideologi Nasional: Perbandingan Ideologi Pancasila dengan ideology besar lainnya di Dunia; Liberal, sosialis komunis dan idiologi lain.
10. Pancasila Dalam Kontek ketatanegaraan RI: Pembukaan UUD 1945, Pokok-pokok pikiran dalam pembukaan UUD 1945.
11. Pancasila dalam Kontek ketatanegaraan RI: Hubungan Pembukaan dengan Batang Tubuh UUD 1945, Hubungan Pembukaan dengan Pancasila, Hubungan Pembukaan dengan Proklamasi.
12. Undang-Undang Dasar Negara RI: Hukum Dasar tertulis, Hukum Dasar Tidak tertulis, Konstitusi, Struktur Pemerintahan menurut UUD 1945
13. Isi Pokok Batang Tubuh UUD 1945, Hubungan antara lembaga Negara, HAM menurut Undang-undang dasar 1945
14. Pancasila saebagai paradigma kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara: Pengertian paradigma, Pancasila sebagai paradigma pembangunan IPTEK, POLEKSOSBUDHANKAM
15. Pancasila Sebagai paradigma Reformasi: gerakan reformasi hokum, politik, ekonomi.
16. Aktualisasi Pancasila: tridarma perguruan tinggi, Budaya akademik, Kampus sebagai moral Force pengembangan Hukum dan HAM







RENCANA PERKULIAHAN
Mata Kuliah: Pendidikan Pancasila
Pertemuan ke-satu
Waktu 2x45 menit


1. Standar Kompetensi: Menganalisis Landasan Pendidikan Pancasila, tujuan pendidikan Pancasila
2. Kompetensi dasar: Mahasiswa mampu menganalisis landasan pendidikan Pancasila dan tujuan pendidikan Pancasila
3. Indikator: a. Landasan Historis
b. Landasn cultural
c. Landasan yuridis
d. Landasan filosofis
e. Tujuan Pendidikan Pancasila
4. Metode perkuliahan: cermah bervariasi
5. Media perkuliahan: laptop, infokus, makalah diskusi
6. Kegiatan perkuliahan: apersepsi, kegiatan inti, kegiatan akhit
7. materi perkuliahan:
Landasan Pendidikan Pancasila:
Pendidikan Pancasila: Usaha sadar yang dilakukan kepada peserta didik (mahasiswa) supaya dapat bertingkahlaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Landasan pendidikan Pancasila:
a. Landasan histories:
Dalam sejarah bangsa Indonesia mulai dari kerajaan kutai, majapahit sampai Indonesia merdeka nilai-nilai Pancasila sudah ada pada sifat, karakter bangsa Indonesia, seperti gotong royong, musyawarah dan lain-lain
b. landasan cultural;
Landasan budaya , rasa, karya, cipta dan kebiasaan bangsa Indonesia adalah nilai-nilai Pancasila
c. Landasan yuridis:
• UUno 2 1989 jo uu no 20 th 2003 ttg sisdiknas mewajibkan mk pddk pancasila
• SK mendiknas no 232/U/2000 ttg pdoman kurikulum ttg sda
• SK dirjen Dikti ttg MPK
d. Landasan Filosofis: Filosofi sebuah Negara hrs ada landasan filsafat

Tujuan Pddk Pancasila:
Dlm UU no 2 Sisdiknas dan SK Dirjen DIKTI Tujuan Pddk Pancasila: Mengarahkan perhatian pd moral kehdpan sehari-hari sesuai nilai-nilai Pancasila
Tujuan pendidikan Pancasila:
1. bersikap sesuai hati nurani
2. mengenali masalah dan cara pemecahannya.
3. mengenali perkembangan Iptek
4. Memaknai sejarah dan nilai-nilainya.


RENCANA PERKULIAHAN
Mata Kuliah: Pendidikan Pancasila
Pertemuan ke-satu
Waktu 2x45 menit


4. Standar Kompetensi: Menganalisis Landasan Pendidikan Pancasila, tujuan pendidikan Pancasila
5. Kompetensi dasar: Mahasiswa mampu menganalisis landasan pendidikan Pancasila dan tujuan pendidikan Pancasila
6. Indikator: a. Landasan Historis
b. Landasn cultural
c. Landasan yuridis
d. Landasan filosofis
e. Tujuan Pendidikan Pancasila
4. Metode perkuliahan: cermah bervariasi
5. Media perkuliahan: laptop, infokus, makalah diskusi
6. Kegiatan perkuliahan: apersepsi, kegiatan inti, kegiatan akhit
7. materi perkuliahan:
Landasan Pendidikan Pancasila:
Pendidikan Pancasila: Usaha sadar yang dilakukan kepada peserta didik (mahasiswa) supaya dapat bertingkahlaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Landasan pendidikan Pancasila:
a. Landasan histories:
Dalam sejarah bangsa Indonesia mulai dari kerajaan kutai, majapahit sampai Indonesia merdeka nilai-nilai Pancasila sudah ada pada sifat, karakter bangsa Indonesia, seperti gotong royong, musyawarah dan lain-lain
b. landasan cultural;
Landasan budaya , rasa, karya, cipta dan kebiasaan bangsa Indonesia adalah nilai-nilai Pancasila
c. Landasan yuridis:
• UUno 2 1989 jo uu no 20 th 2003 ttg sisdiknas mewajibkan mk pddk pancasila
• SK mendiknas no 232/U/2000 ttg pdoman kurikulum ttg sda
• SK dirjen Dikti ttg MPK
d. Landasan Filosofis: Filosofi sebuah Negara hrs ada landasan filsafat

Tujuan Pddk Pancasila:
Dlm UU no 2 Sisdiknas dan SK Dirjen DIKTI Tujuan Pddk Pancasila: Mengarahkan perhatian pd moral kehdpan sehari-hari sesuai nilai-nilai Pancasila
Tujuan pendidikan Pancasila:
5. bersikap sesuai hati nurani
6. mengenali masalah dan cara pemecahannya.
7. mengenali perkembangan Iptek
8. Memaknai sejarah dan nilai-nilainya.


RENCANA PERKULIAHAN
Mata Kuliah: Pendidikan Pancasila
Pertemuan ke-satu
Waktu 2x45 menit


1. Standar Kompetensi: Menganalisis Landasan Pendidikan Pancasila, tujuan pendidikan Pancasila
2. Kompetensi dasar: Mahasiswa mampu menganalisis landasan pendidikan Pancasila dan tujuan pendidikan Pancasila
3. Indikator: a. Landasan Historis
b. Landasn cultural
c. Landasan yuridis
d. Landasan filosofis
e. Tujuan Pendidikan Pancasila
4. Metode perkuliahan: cermah bervariasi
5. Media perkuliahan: laptop, infokus, makalah diskusi
6. Kegiatan perkuliahan: apersepsi, kegiatan inti, kegiatan akhit
7. materi perkuliahan:
Landasan Pendidikan Pancasila:
Pendidikan Pancasila: Usaha sadar yang dilakukan kepada peserta didik (mahasiswa) supaya dapat bertingkahlaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Landasan pendidikan Pancasila:
a. Landasan histories:
Dalam sejarah bangsa Indonesia mulai dari kerajaan kutai, majapahit sampai Indonesia merdeka nilai-nilai Pancasila sudah ada pada sifat, karakter bangsa Indonesia, seperti gotong royong, musyawarah dan lain-lain
b. landasan cultural;
Landasan budaya , rasa, karya, cipta dan kebiasaan bangsa Indonesia adalah nilai-nilai Pancasila
c. Landasan yuridis:
• UUno 2 1989 jo uu no 20 th 2003 ttg sisdiknas mewajibkan mk pddk pancasila
• SK mendiknas no 232/U/2000 ttg pdoman kurikulum ttg sda
• SK dirjen Dikti ttg MPK
d. Landasan Filosofis: Filosofi sebuah Negara hrs ada landasan filsafat

Tujuan Pddk Pancasila:
Dlm UU no 2 Sisdiknas dan SK Dirjen DIKTI Tujuan Pddk Pancasila: Mengarahkan perhatian pd moral kehdpan sehari-hari sesuai nilai-nilai Pancasila
Tujuan pendidikan Pancasila:
1. bersikap sesuai hati nurani
2. mengenali masalah dan cara pemecahannya.
3. mengenali perkembangan Iptek
4. Memaknai sejarah dan nilai-nilainya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar